Sejarah

PD. BPR BANK DAERAH KARANGANYAR

PD. BPR Bank Daerah Karanganyar didirikan pada 15 Maret 1969 oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar berdasarkan SK Bupati KDH Tk II Karanganyar No AA 002/69 dengan nama Lembaga Kredit Daerah (LKD). Bapak Drs. Budi Hartono adalah pimpinan pertama lembaga ini. Bersama 9 (sembilan) orang karyawan dan bermodalkan Rp 1.500.000,- LKD memulai operasionalnya dari sebuah kantor sederhana berupa dua buah loket berukuran 3×4 meter di Pasar Karanganyar.

Tujuan awal lembaga ini tiada lain adalah memberi kredit kepada para pedagang kecil di pasar-pasar, para pegawai/karyawan dan pelaku usaha di pelosok pedesaan. Seiring berjalannya waktu, operasional LKD mulai menunjukkan perkembangan. Tahun 1971 kepemimpinan LKD dilanjutkan oleh Bapak Soeharsono, BA. yang memimpin sampai tahun 1982. Pada era Bapak Soeharsono, BA ini tepatnya pada tahun 1974 LKD dikukuhkan menjadi unit Perusahaan Daerah berdasarkan SK DPRD Kartanganyar No. Kep. 11/DPRD/1974 tentang pendirian Perusahaan Daerah LKD. Pada perkembangannya kemudian, berdasarkan Perda No. 12 Tahun 1979, Perusahaan Daerah LKD ditetapkan menjadi PD. Bank Pasar Kab. Dati II Karanganyar, dengan izin usaha Menteri Keuangan No. S-169/MK.11/1983.

Mulai tahun 1982 tampuk kepemimpinan perusahaan ini digantikan oleh Bapak H. Soehardjo, SE, MM. PD. Bank Pasar Kabupaten Karanganyar kemudian mengalami fase-fase perkembangannya yang semakin pesat. Tahap demi tahap pertumbuhan operasional perusahaan mampu dicapai dengan baik. Periode kepemimpinan Bapak H. Soehardjo, SE, MM adalah periode di mana perusahaan ini semakin berjuang keras mencapai kesejajaran dengan perusahaan BPR lain di Tanah Air. Sarana dan prasarana pelayanan semakin ditingkatkan. Pada tahun 1983 kantor pelayanan dipindahkan ke kantor baru yang semakin representatif di Kompleks Perkantoran Cangakan pusat kota Karanganyar.

Sejak berubah status menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR), PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Karanganyar bekembang menjadi perusahaan perbankan modern. Pola dan strategi pelayanan manajemen perusahaan ini kemudian memasuki era baru dengan semakin menguatnya konsep layangan yang bertumpu pada kepuasan nasabah. Produk layanan perbankan semakin dikembangkan pada kenyamanan, ketepatan, kecepatan, dan kepuasan nasabah.

Menyikapi dinamika industri perbankan yang kian kompetitif, PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Karanganyar kemudian melakukan peluasan jangkauan pasar dengan membuka kantor cabang di Jatipuro pada tahun 2006. Tak hanya itu, cita-cita pendiri perusahaan ini menjadikan perusahaan ini sebagai bank modern juga diwujudkan dengan dilakukannya perubahan nama dan logo perusahaan. Nama PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Karanganyar kemudian diubah menjadi PD. BPR BANK DAERAH Karanganyar. Perubahan nama tersebut telah disetujui oleh Bank Indonesia dengan diterbitkannya surat No. 614/DPBPR/IDABPR/Slo tanggal 02 Juni 2006.

Saat ini, PD. BPR BANK DAERAH Karanganyar dipimpin oleh H. Sudarsito, SE., MM. Dedikasi dan loyalitas manajemen baru PD. BPR BANK DAERAH Karanganyar semakin mampu bersinergi selaras dengan kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Upaya sungguh-sungguh segenap manajemen semakin menghasilkan prestasi kinerja yang layak dibanggakan. PD. BPR BANK DAERAH Karanganyar semakin mengokohkan eksistensinya sebagai perusahaan perbankan dengan tradisi kinerja yang terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu BPR terbaik tingkat nasional dengan kinerja keuangan yang “SANGAT BAGUS”.